PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH KELAS III SD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

Arofah, Ni'matul (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH KELAS III SD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011050-COVER.pdf

Download (832kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011050-ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011050-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi dengan pendekatan kontektual pada materi operasi hitung bilangan cacah kelas III SD tanpa melupakan pertimbangan kualitas produk yang dihasilkan baik dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifanya. Video animasi dengan pendekatan kontekstual ini merupakan media pembelajaran yang menerapkan materi operasi hitung bilangan cacah untuk kelas III SD. Dalam pengembangan ini menggunakan prosedur metode penelitian ADDIE, diantaranya analyze, design, development, dan evalution. Video animasi dibuat menjadi 4 video yang setiap videonya memiliki materi yang berbeda-beda. Pengembangan media ini dilaksanakan hingga tahap evaluasi, yang nanti di akhir tahap uji coba peneliti akan memberikana angket kepada siswa dan guru sebagai bahan evaluasi atas media yang telah dikembangkan. Dari hasil angket yang telah disebarkan, didapat hasil uji validitasnya sebesar 2,95 yang dikategorikan “valid”. Sedangkan skor kepraktisan yang diperoleh sebesar 2,69, dan skor kefektifannya sebesar 62,9%. Pada pengembangan media pembelajaran dalam bentuk video animasi ini diharapkan akan menambah media pembelajaran matematika yang menarik dengan menggabungkan dunia anak-anak dengan edukasi matematika khususnya materi operasi hitung bilangan cacah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video animasi, kontekstual, operasi hitung bilangan cacah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: NI`MATUL AROFAH
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:35
Last Modified: 22 Feb 2023 08:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14481

Actions (login required)

View Item View Item