Wati, Luh Sri Diana (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HOTS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 4 PANJI ANOM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031321-COVER.pdf Download (231kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031321-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031321-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (180kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031321-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031321-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031321-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031321-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031321-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031321-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki empat tujuan yaitu: (1) menjelaskan karakteristik media pembelajaran yang dikembangkan (2) menganalisis validitas isi media pembelajaran, (3) menganalisis kepraktisan media pembelajaran, (4) menganalisis efektivitas media pembelajaran literasi berbasis kearifan lokal yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Panji Anom. Jenis penelitian ini research and development dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi dokumen, tes dan kuesioner. Bentuk instrument berupa rating scale, dengan teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penelitian ini berhasil menghasilkan media pembelajaran literasi berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik kelas IV sekolah dasar, (2) tingkat pencapaian validitas media sebesar 94,44%, validitas isi sebesar 94,47% , validitas desain sebesar 92% hal ini menunjukkan jika validitas mencapai predikat sangat baik. (3) tingkat pencapaian respon praktisi yaitu guru memperoleh nilai 93,84% dengan predikat sangat baik, dan (4) nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 nilai probabilitas ini lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05 atau p<0,05 (taraf signifikasi 5%). Hal ini berarti H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Media Pembelajaran Literasi Berbasis Kearifan Lokal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Literasi, Kearifan Lokal, Kemampuan HOTS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Sri Diana Wati |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 08:14 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 08:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14522 |
Actions (login required)
View Item |