PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN SIKKA MENGGUNAKAN METODE WARD AND PEPPARD

Rivaldi, Meilanus (2023) PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN SIKKA MENGGUNAKAN METODE WARD AND PEPPARD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815091028-COVER.pdf

Download (683kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815091028-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815091028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
1815091028-BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1815091028-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815091028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815091028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815091028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815091028-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sikka merupakan organisasi perangkat daerah yang menyelenggarakan layanan teknologi informasi dan komunikasi, statistika, dan persandian di lingkungan pemerintah Kabupaten Sikka. Sejalan dengan tugas dan fungsinya, Diskominfo memanfaatkan teknologi informasi dalam kegiatan operasionalnya dan membutuhkan infrastruktur SI/TI untuk mencapai tujuan proses bisnis. Saat ini Diskominfo belum memiliki kebijakan yang mengatur rencana pengembangan infrastruktur SI/TI ke depan, padahal itu sangat dibutuhkan sesuai dengan peraturan presiden tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan strategis sistem informasi di Diskominfo untuk mendukung SPBE di Kabupaten Sikka yang merupakan bagian dari Provinsi NTT, Indonesia. Perencanaan strategis SI/TI ini menggunakan metode Ward and Peppard dengan melakukan analisis internal dan eksternal terhadap lingkungan bisnis dan lingkungan SI/TI berdasarkan situasi Diskominfo saat ini. Teknik analisis yang digunakan antara lain ialah analisis SWOT, PEST, Porter's Five Forces, Value Chain, Critical Success Factor, Balanced Scorecard, dan McFarlan's Strategy Grid. Sebelum melakukan analisis, pengumpulan data dilakukan terlebih dahulu melalui studi dokumen, studi literatur, observasi, kuesioner dan wawancara dengan staf Diskominfo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi strategi bisnis SI, strategi TI, strategi manajemen SI/TI, portofolio aplikasi masa depan, dan roadmap implementasi yang berguna untuk pengembangan SI/TI dan infrastrukturnya dalam jangka waktu 5 tahun ke depan. Hasil akhir dari penelitian ini berupa dokumen rencana strategis sistem informasi yang telah dihasilkan dari serangkaian proses analisis dan juga validasi melalui focus group discussion dengan pihak Diskominfo Kabupaten Sikka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Strategis Sistem Informasi, Diskominfo Kabupaten Sikka, Metode Ward and Peppard, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
N Fine Arts > NA Architecture
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Meilanus Rivaldi
Date Deposited: 23 Feb 2023 00:30
Last Modified: 23 Feb 2023 00:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14524

Actions (login required)

View Item View Item