PENGEMBANGAN FLASHCARDS BERBASIS DIGITAL PADA MATERI KATA KERJA BERATURAN (REGULAR VERBS) DAN KATA KERJA TIDAK BERATURAN (IRREGULAR VERBS) DI KELAS V SD SARASWATI 3 DENPASAR TAHUN AJARAN 2022/2023

Predani, Ni Nyoman Trianaswari (2023) PENGEMBANGAN FLASHCARDS BERBASIS DIGITAL PADA MATERI KATA KERJA BERATURAN (REGULAR VERBS) DAN KATA KERJA TIDAK BERATURAN (IRREGULAR VERBS) DI KELAS V SD SARASWATI 3 DENPASAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031149-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031149-ABSTRAK.pdf

Download (767kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031149-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031149-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031149-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031149-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031149-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031149-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031149-LAMPIRAN.pdf

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun flashcards berbasis digital pada pembelajaran bahasa Inggris, (2) menganalisis hasil kelayakan flashcards berbasis digital pada pembelajaran bahasa Inggris, (3) mengetahui efektivitas flashcards berbasis digital pada pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: metode observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial (uji-t). Banyak subjek pada penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas V di SD Saraswati 3 Denpasar. Hasil penelitian adalah: (1) validasi rancang bangun berdasarkan penilaian ahli rancang bangun sebesar 90%, (2) dalam pengembangannya, validitas media flashcards berbasis digital berdasarkan penilaian ahli isi mata pelajaran sebesar 100%, ahli desain instruksional sebesar 90,63%, ahli media pembelajaran sebesar 87,50%, uji coba perorangan sebesar 90%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 99,16%, (3) diperoleh thitung = 17,64 untuk db = 34 dan taraf signifikan 5% ttabel = 1,69 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima karena nilai post-test lebih tinggi dibandingkan nilai pre-test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media flashcards berbasis digital efektif digunakan pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas V di SD Saraswati 3 Denpasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, e-flashcards, bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PE English
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Trianaswari Predani
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:18
Last Modified: 23 Feb 2023 01:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14575

Actions (login required)

View Item View Item