THE USE OF GOOGLE CLASSROOM IN THE ONLINE AND ONSITE LEARNING DURING THE TRANSITIONAL PERIOD IN SMP NEGERI 3 KUTA SELATAN

Diantari, Ayu Melani (2023) THE USE OF GOOGLE CLASSROOM IN THE ONLINE AND ONSITE LEARNING DURING THE TRANSITIONAL PERIOD IN SMP NEGERI 3 KUTA SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1712021184-COVER.pdf

Download (454kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021184-ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021184-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021184-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1712021184-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021184-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021184-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021184-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021184-LAMPIRAN.pdf

Download (653kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menginvestigasi persepsi siswa dan guru tentang penggunaan Google Classroom dalam konteks pembelajaran online EFL selama masa transisi; dan (2) mengidentifikasi persepsi siswa dan guru terkait penggunaan Google Classroom dalam konteks pembelajaran di tempat EFL selama masa transisi. Partisipan penelitian ini adalah 80 siswa kelas delapan dan 3 guru bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Negeri Kuta Selatan. Penelitian ini mengaplikasikan kajian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara dan kuesioner. Instrumen yang digunakan meliputi panduan wawancara dan 48 item kuesioner tertutup yang menggunakan skala Likert. Data dianalisis secara metode kuantitatif dan kualitatif. Data kuesioner dianalisis melalui statistik deskriptif sedangkan data kualitatif pada wawancara diinterpretasikan secara deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa (1) siswa dan guru SMP Negeri 3 Kuta Selatan memiliki persepsi positif pada pengimplementasian Google Classroom dalam konteks pembelajaran EFL online; dan (2) Siswa dan guru di SMP Negeri 3 Kuta Selatan memiliki persepsi positif terhadap penggunaan Google Classroom dalam konteks pembelajaran EFL onsite. Namun, baik siswa maupun guru bahasa Inggris lebih menyukai penggunaan Google Classroom dalam konteks pembelajaran di tempat untuk berbagi dan mengatur tugas. Hal ini dapat diartikan bahwa peserta yang diamati menganggap bahwa penggunaan Google classroom sebagai platform pembelajaran dapat mengakomodasi konteks pembelajaran online dan onsite secara efektif selama masa transisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: google classroom, pembelajaran onsite, pembelajaran online, persepsi siswa, pelajar EFL.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: AYU MELANI DIANTARI
Date Deposited: 23 Feb 2023 00:25
Last Modified: 23 Feb 2023 00:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14600

Actions (login required)

View Item View Item