Pradnyana Yoga, Kadek Agus Surya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PKN MENGGUNAKAN ANALOGI GAMELAN GONG KEBYAR DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1914041017-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914041017-ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914041017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (350kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914041017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914041017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914041017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1914041017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914041017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914041017-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan rancangan video pembelajaran PKn dengan sub bahasan Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika melalui analogi gong kebyar yang sesuai dengan minat siswa di SMP Negeri 2 Singaraja. Kedua Mengetahui kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran PKn dengan sub bahasan Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika melalui analogi gong kebyar berdasarkan hasil uji validitas yang dilakukan oleh para ahli Ketiga mengetahui kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran PKn dengan sub bahasan Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika melalui analogi gong kebyar berdasarkan hasil uji penelitian yang dilakukan kepada siswa di SMP Negeri 2 Singaraja. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan model ADDIE yang dimana berarti (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). ADDIE merupakan akronim untuk Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Instrumen yang digunakan didalam pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah kuesioner. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran PKn menggunakan analogi gamelan gong kebyar layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penelitian yang mencakup hasil uji validitas oleh para ahli mata pelajaran 86%, ahli isi materi karawitan 96%, ahli media pembelajaran 97,5%, ahli desain pembelajaran 92,7% dan hasil uji kelayakan kepada siswa SMP Negeri 2 Singaraja mencapai presentase 92%. Dimana video pembelajaran PKn menggunakan analogi gamelan gong kebyar dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal tersebut didukung oleh ketiga penelitian yang telah dilakukan sebagaimana tertera diatas. Terlebih dengan analogi gong kebyar yang digunakan merupakan sebuah kearifan lokal yang didukung oleh teori etnopedagogi siswa dapat lebih mudah memahami materi melalui analogi yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan, Gamelan Gong Kebyar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Kadek Agus Surya Pradnyana Yoga |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 02:05 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 02:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14614 |
Actions (login required)
View Item |