Andika, Made Sri Ferrdian (2023) PENGEMBANGAN KONTEN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS 3D SIMULATION DENGAN MODEL PBL PADA MATA KULIAH PENGANTAR ASUHAN KEBIDANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051030-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051030-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (749kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051030-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Dampak Covid-19 menyebabkan mahasiswi program studi D3 Kebidanan Universitas Pendidikan Ganesha mengalami kendala dalam proses perkuliahan tanpa alat peraga yang biasa digunakan dalam ruang laboratorium, selain itu penggunaan metode mengajar yang konvensional belum mampu meningkatkan pemahaman mahasiswi terhadap materi yang diberikan secara signifikan. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian mengenai pengembangan konten media interaktif berbasis 3D simulation dengan model PBL pada mata kuliah pengantar asuhan kebidanan yang dapat memudahkan mahasiswi dalam mencapai tujuan perkuliahan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan konten media interaktif berbasis 3D simulation dengan model PBL pada mata kuliah pengantar asuhan kebidanan serta mengetahui respon mahasiswi dan para ahli terhadap konten media interaktif berbasis 3D simulation dengan model PBL pada mata kuliah pengantar asuhan kebidanan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R & D) pada materi menggunakan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan enam tahapan, yaitu tahap concept (pengonsepan), tahap design (perancangan), tahap material Collecting (pengumpulan bahan), tahap assembly (pembuatan), tahap testing (pengujian) dan tahap distribution (pendistribusian). Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan konten media interaktif perkembangan tulang panggul, yang di antaranya ialah uji ahli isi dengan hasil 1.00% dengan masuk kategori sangat valid , uji ahli media mendapatkan hasil representasi 1.00% dengan masuk kategori sangat valid dengan adanya revisi, respon uji perorangan dengan persentase sebesar 98,67%, hasil respon uji kelompok kecil dengan persentase sebesar 98,93%, hasil uji lapangan dengan persentase sebesar 98,89% dan hasil dari uji efektivitas dengan memperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,74 masuk kategori sangat valid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media, multimedia interaktif, konten pembelajaran interaktif, media pembelajaran, problem based learning |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Made Sri Ferrdian Andika |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 07:48 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 07:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14674 |
Actions (login required)
View Item |