PENGEMBANGAN INSTRUMEN SKALA KECERDASAN EMOSIONAL PADA MASA REMAJA SISWA SMA DAN SMK DI KOTA SINGARAJA

Sihaloho, Desi Ika Riyanti (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SKALA KECERDASAN EMOSIONAL PADA MASA REMAJA SISWA SMA DAN SMK DI KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911011015-COVER.pdf

Download (616kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911011015-ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911011015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (429kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911011015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911011015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911011015-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk berupa Instrumen Skala Kecerdasan Emosional Pada Masa Remaja Siswa SMA dan SMK Di Kota Singaraja. Penelitian ini menggunakan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel random sampling atau sampel acak sederhana dengan jumlah 300 subyek atau peserta didik di kelas X. Pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner diukur dengan skala likert dengan 5 pilihan jawaban yang terdiri dari SS(sangat sesuai), S (sesuai),KS (kurang sesuai) TS (tidak sesuai) dan STS (sangat tidak sesuai). Berdasarkan uji ahli 5 pakar dan instrumen layak diujicobakan dengan nilai CVR (content validity ratio) seluruh butir yang diperoleh 49.0 dan dengan nilai CVI (Content validity indeks) diperoleh 0,98 atau kategori sangat sesuai. Hasil penelitian setelah dilakukan uji validitas empirik terluas hasil yang didapatkan dengan 50 butir pernyataan didapatkan hasil rentangan ɾ hitung= ≥ ɾ tabel = dengan taraf signifikansi 5% dan uji validitas konstruk memperoleh nilai KMO 0,796, nilai anti-image correlation dan nilai ekstraksi ≥ 3.0. Kemudian terbentuk 15 faktor dan hasil validasi faktor stabil dan dapat digeneralisasikan pada populasi, adapun validitas konstruk dilakukan untuk memperkuat hasil dari pengembangan yang dilakukan peneliti secara klasik.. Kemudian hasil uji reliabilitas memperoleh cronbach Alpha 0,815. maka dapat disimpulkan instrumen yang telah disusun oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai layanan bimbingan konseling kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, pengembangan instrumen skala
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Desi Ika Riyanti Sihaloho
Date Deposited: 23 Feb 2023 09:04
Last Modified: 23 Feb 2023 09:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14681

Actions (login required)

View Item View Item