Karunia Dewi, Gusti Ayu Ketut (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA DARING PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 MENDOYO. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713071043-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713071043-ABSTRAK.pdf Download (404kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (250kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713071043-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pelaksanaan pembelajaran daring pada materi usaha dan pesawat sederhana untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Mendoyo, dan 2) mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran daring. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan mempergunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah satu guru IPA kelas VIII sebab ada satu guru IPA yang mengajar di kelas VIII, dan lima belas siswa di kelas VIII. Objek dalam penelitian ini ialah pelaksanaan pembelajaran daring dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran daring. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini mempergunakan purposive sampling, dimana setiap kelas diambil tiga siswa yang dilihat atas dasar kemampuannya ada yang tinggi, sedang, dan juga kurang. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan ialah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mempergunakan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan data. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasannya pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring di SMP Negeri 4 Mendoyo dari pelaksanaan pembelajaran dan faktor penghambat sudah berjalan dengan baik meski demikian masih ada beberapa kendala yang dialami oleh guru maupun siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Atas dasar teori kriteria pembelajaran daring di SMP Negeri 4 Mendoyo sudah tercapai, namun masih ada satu kriteria yang belum tercapai yakni guru belum memberikan gambaran mengenai metode atau pendekatan – pendekatan yang akan dipergunakan maupun kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa. Hasil analisis skor hasil belajar, yang memperlihatkan rata-rata nilai siswa kelas berada di angka 75,936 nilai ini menurut standar acuan Litbang Dedagri berada di urutan kedua (61-80) dengan kategori (baik) terhadap pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19. Faktor penghambat dalam pembelajaran daring yakni 1) fasilitas yang dimiliki siswa belum semua memadai, 2) jaringan internet yang kurang mendukung dalam pembelajaran daring, 3) permasalahan kuota internet yang berhubungan dengan perekonomian siswa. Kata kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Faktor Penghambat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Faktor Penghambat |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | GUSTI AYU KETUT KARUNIA DEWI |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 07:43 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 07:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14689 |
Actions (login required)
View Item |