PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 AMLAPURA

Sudarmini, Ida Ayu Ngurah (2023) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 AMLAPURA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129021015-COVER.pdf

Download (837kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129021015-ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2129021015-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (377kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2129021015-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2129021015-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021015-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2129021015-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129021015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129021015-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar melalui blended learning terhadap hasil belajar prakarya ditinjau dari kemampuan awal peserta didik. Penelitian eksperimen semu dilakukan melalui rancangan treatment by level 2 x 2 yang melibatkan populasi kelas VIII SMP Negeri 3 Amlapura Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 9 kelas (294 peserta didik). Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling, dimana sampel diperoleh melalui teknik undian terhadap kesembilan kelas yang sudah dinyatakan setara terlebih dahulu. Selanjutnya diperoleh empat anggota sampel yang diundi, yaitu dua kelas kelompok eksperimen dan dua kelas kelompok kontrol. Penentuan kemampuan awal peserta didik dilakukan dengan menggunakan nilai rata-rata kompetensi dasar pada materi sebelumnya di kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan uji Anava Dua Jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) hasil belajar prakarya peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekitar melalui blended learning lebih tinggi daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa pemanfaatan lingkungan sekitar melalui blended learning (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar prakarya, (3) hasil belajar prakarya antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekitar melalui blended learning lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa pemanfaatan lingkungan sekitar melalui blended learning pada kelompok peserta didik dengan kemampuan awal tinggi, (4) hasil belajar prakarya antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekitar melalui blended learning lebih rendah pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa pemanfaatan lingkungan sekitar melalui blended learning pada kelompok peserta didik dengan kemampuan awal rendah. Kata kunci: blended learning, pemanfaatan lingkungan sekitar, hasil belajar prakarya, kemampuan awal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: blended learning, pemanfaatan lingkungan sekitar, hasil belajar prakarya, kemampuan awal.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Ida Ayu Ngurah Sudarmini
Date Deposited: 24 Feb 2023 05:42
Last Modified: 24 Feb 2023 05:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14804

Actions (login required)

View Item View Item