PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM KOPLING SISWA KELAS XI TBSM SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Mandala, Dewa (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM KOPLING SISWA KELAS XI TBSM SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615071009_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615071009_ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615071009_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (382kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615071009_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615071009_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615071009_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615071009_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615071009_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615071009_LAMPIRAN.pdf

Download (949kB)

Abstract

Kajian ini ditujukan untuk menginvestigasi pengaruh yang dikontribusikan oleh model pembelajaran Numbered Head Together atau NHT terhadap hasil belajar sistem kopling kelas XI TBSM SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitian kali ini didesain dengan metode One Shot Case Study dengan melibatkan kelas XI TBSM 2 SMK N 3 Singaraja sebagai subjek penelitian. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen test dan lembar observasi. Analisa statistik deskriptif dan analisa statistik inferensial digunakan. Hasil investigasi yang dilakukan pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar menunjukkan terdapatnya pengaruh yang dikontribusikan NHT terhadap hasil belajar siswa kelas XI TBSM SMK Negeri 3 Singaraja. Hal ini mengindikasikan diterimanya hipotesis yang diajukan. Pengaruh yang dikontribusikan ini ditunjukkan oleh perbedaan skor yang diperoleh pada pre-test dan post-test, dimana pre-test menunjukkan skor sebesar 73,4 dan post-test menunjukkan menunjukkan skor sebesar 76,63. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai post-test lebih tinggi dari pada nilai pre-test. Berdasarkan analisa inferensial yang dilakukan, skor sig. sebesar 0,001 diperoleh dan lebih kecil dari 0,05. Hal ini mengindikasikan diterimanya hipotesis alternatif yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas XI TBSM SMK Negeri 3 Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Number Head Together, Sistem Kopling
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: DEWA NYOMAN MANDALA PUTRA
Date Deposited: 07 Mar 2023 00:40
Last Modified: 07 Mar 2023 00:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14843

Actions (login required)

View Item View Item