Dewi, Ni Ketut Wira (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP N 4 KINTAMANI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1817011100_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1817011100-ABSTRAK.pdf Download (338kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1817011100-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (352kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1817011100-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1817011100-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1817011100-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1817011100-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1817011100-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1817011100-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa kelas IX SMP N 4 Kintamani. Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) atau Classroom Action Research (CAR). Subjek dalam penelitian adalah 31 siswa yaitu 16 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan kelas IX E SMP Negeri 4 Kintamani. Adapun objek dari penelitian ini adalah peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes keterampilan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa kelas IX SMP N 4 Kintamani. Berdasarkan hasil penelitian Implemetasi model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas IX E SMP Negeri 4 Kintamani tahun pelajaran 2022/2023. Dilihat dari skor rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik pada siklus 1 sebesar 68,8 dengan ketuntasan klasikal 61,29 % dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni sebesar 78 ketuntasan klasikal 83%. Dan dilihat dari hasil belajar peserta didik dari siklus I sebesar 51,6 % dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni sebesar 78 dengan ketutntasan klasikal 87%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning Models; Critical Thinking Skills; Student learning outcomes. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Wira Dewi |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 00:00 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 00:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14844 |
Actions (login required)
View Item |