PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA BAGI SISWA KELAS VI SD NO. 4 BENOA TAHUN AJARAN 2022/2023

Olistia, Ni Luh Ayu (2023) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA BAGI SISWA KELAS VI SD NO. 4 BENOA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031098-COVER.pdf

Download (924kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031098-ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031098-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (373kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031098-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031098-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031098-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031098-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031098-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031098-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media dan model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran IPS yang berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa kelas VI SD No. 4 Benoa tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, validitas serta efektivitas dari komik digital berbasis problem based learning. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode wawancara, observasi, angket/kuisioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil uji validitas ahli rancang bangun pengembangan diperoleh skor 90%, ahli isi/materi pembelajaran diperoleh skor 90%, ahli desain pembelajaran diperoleh skor 91%, ahli media pembelajaran diperoleh skor 92%, uji coba perorangan diperoleh skor 97,50%, uji coba kelompok kecil diperoleh skor 95,28% dan uji coba lapangan diperoleh skor 96,13%, yang secara keseluruhan berkualifikasi sangat baik sehingga komik digital berbasis problem based learning yang dikembangkan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji efektivitas diperoleh thitung=26,15. Jika dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan db=38 didapatkan angka 2,021, maka thitung lebih besar daripada ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komik digital berbasis problem based learning efektif diterapkan pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas VI SD No. 4 Benoa tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Komik Digital, Problem Based Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH AYU OLISTIA
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:45
Last Modified: 27 Mar 2023 04:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14859

Actions (login required)

View Item View Item