PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SWASTA MASEHI GBKP BERASTAGI

Ginting, Vinny Alvionita Br (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SWASTA MASEHI GBKP BERASTAGI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1817011047-COVER.pdf

Download (783kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1817011047-ABSTRAK.pdf

Download (628kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1817011047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (663kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1817011047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1817011047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1817011047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1817011047-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1817011047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (513kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1817011047-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe jiksaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi. Racangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas X IPA SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi tahun ajaran 2021/2022 sejumlah 72 siswa dan pengambilan sampel dengan teknik sampel klaster acak (cluster random sample) dengan jumlah sampel 72 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa, dengan teknik analisis data menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran ekonomi lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instrupction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw, Pembelajaran direct instruction, Hasil belajar siswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: Vinny Alvionita Br Ginting
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:11
Last Modified: 11 Apr 2023 01:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14863

Actions (login required)

View Item View Item