Ginting, Vinny Alvionita Br (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SWASTA MASEHI GBKP BERASTAGI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1817011047-COVER.pdf Download (783kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1817011047-ABSTRAK.pdf Download (628kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1817011047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (663kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1817011047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1817011047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1817011047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1817011047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1817011047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (513kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1817011047-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe jiksaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi. Racangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas X IPA SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi tahun ajaran 2021/2022 sejumlah 72 siswa dan pengambilan sampel dengan teknik sampel klaster acak (cluster random sample) dengan jumlah sampel 72 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa, dengan teknik analisis data menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran ekonomi lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instrupction.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw, Pembelajaran direct instruction, Hasil belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | Vinny Alvionita Br Ginting |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 01:11 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 01:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14863 |
Actions (login required)
View Item |