PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PjBL MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SD

Darma, I Wayan (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PjBL MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031021-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031021-ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (822kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (561kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031021-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan karena kurangnya penggunaan media interaktif dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Multimedia Interaktif berbasis model PjBL menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 pada Materi Siklus Air Kelas V SD yang layak, praktis dan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian ADDIE yang terdiri atas tahapan sebagai berikut: 1) analyze, 2) design, 3) development, 4) implementation, dan 5) evaluation. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Objek uji coba penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada Materi Siklus Air Kelas V SD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kuantitatif dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar rating scale dan tes pilihan ganda. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis skor rata-rata untuk mengukur kelayakan dan kepraktisan serta rumus uji-t berkorelasi untuk mengukur efektivitas media terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata-rata skor kelayakan media adalah 4,76 dan rata-rata skor uji materi adalah 4,63 dengan kualifikasi sangat tinggi, (2) rata-rata hasil uji kepraktisan oleh guru adalah 4,70 dan rata-rata uji kepraktisan oleh siswa adalah 4,97 dengan kualifikasi sangat baik, serta (3) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t satu sampel memperoleh skor 0,000 sehingga Multimedia Interaktif berbasis model PjBL menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Siklus Air kelas V SD. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif layak, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi Siklus Air kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, Multimedia Interaktif, PjBL, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Wayan Darma
Date Deposited: 22 May 2023 01:12
Last Modified: 22 May 2023 01:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14913

Actions (login required)

View Item View Item