Darma, I Wayan (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PjBL MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031021-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031021-ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (822kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (561kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031021-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan karena kurangnya penggunaan media interaktif dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Multimedia Interaktif berbasis model PjBL menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 pada Materi Siklus Air Kelas V SD yang layak, praktis dan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian ADDIE yang terdiri atas tahapan sebagai berikut: 1) analyze, 2) design, 3) development, 4) implementation, dan 5) evaluation. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Objek uji coba penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada Materi Siklus Air Kelas V SD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kuantitatif dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar rating scale dan tes pilihan ganda. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis skor rata-rata untuk mengukur kelayakan dan kepraktisan serta rumus uji-t berkorelasi untuk mengukur efektivitas media terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata-rata skor kelayakan media adalah 4,76 dan rata-rata skor uji materi adalah 4,63 dengan kualifikasi sangat tinggi, (2) rata-rata hasil uji kepraktisan oleh guru adalah 4,70 dan rata-rata uji kepraktisan oleh siswa adalah 4,97 dengan kualifikasi sangat baik, serta (3) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t satu sampel memperoleh skor 0,000 sehingga Multimedia Interaktif berbasis model PjBL menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Siklus Air kelas V SD. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif layak, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi Siklus Air kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, Multimedia Interaktif, PjBL, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Darma |
Date Deposited: | 22 May 2023 01:12 |
Last Modified: | 22 May 2023 01:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14913 |
Actions (login required)
View Item |