Puspitasari, Komang Ayu Agnes Puspitasari (2019) KESULITAN GURU BAHASA JEPANG DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN DI SMA SE-KABUPATEN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512061044-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512061044-ABSTRAK.pdf Download (729kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512061044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (257kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512061044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512061044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512061044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512061044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512061044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (360kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512061044-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis tingkat kesulitan guru bahasa Jepang di SMA se-Kabupaten Buleleng dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian, (2) menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru untuk meminimalisir kesulitan yang dihadapi dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan wawancara. Kuesioner dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif, sedangkan data wawancara dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu (1) tahap perencanaan pembelajaran memiliki rata-rata skor sebesar 1,98 yang tergolong “Cukup Sulit”, tahap pelaksanaan pembelajaran memiliki rata-rata skor sebesar 1,91 yang tergolong “Cukup Sulit”, dan tahap penilaian memiliki rata-rata skor sebesar 2,14 yang tergolong “Cukup Sulit”, (2) upaya pada tahap perencanaan pembelajaran adalah melakukan diskusi dengan guru senior dan wali kelas. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran adalah pemberian contoh tugas secara langsung, menunjuk siswa secara acak dan pemberian nilai untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa. Tahap penilaian adalah memilih kegiatan penilaian yang mampu memenuhi target pembelajaran dan membuat catatan mengenai keaktifan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahasa Jepang, kesulitan guru SMA, Implementasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Komang Ayu Agnes Puspita Sari |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 01:42 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 01:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/150 |
Actions (login required)
View Item |