PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA KELAS X SMK PUSAT KEUNGGULAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL ‘BEBRAS’ DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA

Kesumawati, Ni Wayan Ayu (2023) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA KELAS X SMK PUSAT KEUNGGULAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL ‘BEBRAS’ DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011009-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011009-ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011009-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Studi telah mengakui bahwa berpikir komputasi adalah pendekatan yang efisien untuk pemecahan masalah sehingga sangat dibutuhkan di dunia kerja digital. Ini membuktikan pembelajaran berbasis berpikir komputasi sangat penting diterapkan di sekolah, khususnya SMK Pusat Keunggulan yang lulusannya telah dipersiapkan untuk terjun dalam dunia profesional. Namun kenyataannya, pembelajaran di SMK Pusat Keunggulan masih jarang melatihkan kemampuan berpikir komputasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasi siswa SMK Pusat Keunggulan dalam menyelesaikan soal-soal bebras yang ditinjau dari tingkat kecerdasan logis matematis; (2)Mengetahui seberapa tinggi kontribusi tingkat kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan berpikir komputasi siswa SMK Pusat Keunggulan dalam menyelesaikan soal-soal bebras. Metode yang digunakan adalah mixed methods yaitu gabungan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: (1)Siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi mampu menguasai kelima indikator berpikir komputasi yaitu dekomposisi, pengenalan pola, berpikir algoritma, generalisasi dan abstraksi pola, serta debugging. Siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang hanya mampu menguasai tiga indikator berpikir komputasi yaitu dekomposisi, pengenalan pola, dan berpikir algoritma. Siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah hanya mampu menguasai satu indikator berpikir komputasi yaitu dekomposisi; (2)Kecerdasan logis matematis memiliki kontribusi yang sangat tinggi terhadap kemampuan berpikir komputasi siswa kelas X SMK Pusat Keunggulan sebesar 81,1%, sedangkan sisanya sebesar 18,9% merupakan kontribusi variabel-variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Dari kedua hasil tersebut, terlihat semakin tinggi tingkat kecerdasan logis matematis maka semakin banyak pula indikator kemampuan berpikir komputasi yang dikuasai. Sehingga disimpulkan bahwa kecerdasan logis matematis berkontribusi tinggi terhadap kemampuan berpikir komputasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Komputasi, Soal-Soal Bebras, Kecerdasan Logis Matematis, SMK Pusat Keunggulan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Wayan Ayu Kesumawati
Date Deposited: 31 May 2023 06:04
Last Modified: 31 May 2023 06:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15035

Actions (login required)

View Item View Item