PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS III ABIANSEMAL

Widayanti, I Gusti Ayu Putu Putri (2023) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS III ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031307-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031307-ABSTRAK.pdf

Download (518kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031307-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (468kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031307-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031307-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031307-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031307-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031307-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031307-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan karakter tanggung jawab belajar siswa terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SDN Gugus III Abiansemal. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan desain penelitian Korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 siswa. Pengambilan sampel berdasarkan populasi yang ada menggunakan teknik proporsional random sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel yakni sebanyak 92 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuisioner untuk memperoleh data tentang kemandirian belajar dan karakter tanggung jawab belajar, sedangkan untuk memperoleh data tentang kompetensi pengetahuan matematika dilakukan dengan menggunakan metode pencatatan dokumen. Analisis statistika yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil dari analisis regresi linier sederhana untuk pengujian hipotesis I dan II diperoleh hasil terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap kompetensi pengetahuan matematika dengan pengaruh sebesar 10,31% dan terdapat pengaruh yang signifikan karakter tanggung jawab belajar terhadap kompetensi pengetahuan matematika dengan pengaruh sebesar 6,50%. Hasil analisis regresi linier ganda diperoleh persamaan Ŷ = 72,682 + 0,086 X1 + 0,234 X2 dan mendapatkan hasil Fhitung = 4,618 > Ftabel = 3, 099 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar dan karakter tanggung jawab belajar siswa terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SDN Gugus III Abiansemal dan berpengaruh sebesar 10,40%. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar dan karakter tanggung jawab belajar siswa terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SDN Gugus III Abiansemal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Karakter Tanggung Jawab, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Putu Putri Widayanti
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:28
Last Modified: 08 Jun 2023 02:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15180

Actions (login required)

View Item View Item