Adnyani, Ni Putu Sumita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN MENGWI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031088-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031088-ABSTRAK.pdf Download (315kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031088-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (420kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031088-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (997kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031088-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031088-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031088-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031088-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031088-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pelajaran IPA siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Mengwi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus VI Kecamatan Mengwi tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah populasi 190 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas V SD No. 1 Kapal sebagai kelompok eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas V SD No.3 Kapal sebagai kelompok kontrol berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes uraian (essay) yang terdiri dari 8 butir soal yang sudah divalidasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil analisis data diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen 75,8 dengan kategori tinggi dan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelompok kontrol 65,5 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis uji-t, diperoleh thitung = 5,65 > ttabel = 2,001, pada taraf signifikansi 5 % dengan derajat kebebasan (dk = 32+29-2 = 59), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pelajaran IPA siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Mengwi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, berpikir kritis, pelajaran IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Sumita Adnyani |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 02:59 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 02:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15190 |
Actions (login required)
View Item |