Dewanti, Ida Ayu Tiara Krisna (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI FILMORA PADA MUATAN IPA MATERI CIRI-CIRI HEWAN DAN HABITATNYA KELAS VI SD NEGERI 4 PENDEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031233-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031233-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031233-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (529kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031233-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031233-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031233-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031233-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031233-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (541kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031233-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berorientasi problem based learning menggunakan aplikasi Filmora pada materi ciri-ciri hewan dan habitatnya untuk siswa kelas VI SD. Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya variasi media pembelajaran yang dimiliki oleh guru khususnya pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek pada penelitian ini yaitu 2 ahli isi mata pelajaran, 2 ahli media video pembelajaran, 2 ahli desain video pembelajaran, 2 praktisi, 3 orang siswa uji coba perorangan, dan 9 orang siswa uji coba kelompok kecil. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah media video pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, kuesioner, dan tes. Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan dan efektivitas yang dilakukan menunjukkan persentase skor validitas media video pembelajaran dari ahli isi mata pelajaran sebesar 94,5% , ahli media video pembelajaran sebesar 91,81%, ahli desain video pembelajaran sebesar 92 %, uji praktisi sebesar 96%, uji coba perorangan sebesar 97,3%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 97,1% secara keseluruhan memiliki kategori sangat baik. Sementara itu hasil perhitungan uji efektivitas yang dilakukan memperoleh hasil thitung sebesar 17,22. Jika dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,23, harga thitung lebih besar daripada ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dari hasil penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran berorientasi problem based learning menggunakan aplikasi Filmora layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Video Pembelajaran Berorientasi PBL, Filmora |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Tiara Krisna Dewanti |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 03:25 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 03:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15210 |
Actions (login required)
View Item |