PENGEMBANGAN MODUL AJAR DIGITAL PADA MATERI PRAKTIK MENGAJAR BERBASIS VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) MATA KULIAH PEMBELAJARAN PPKn SD

Ratnaningsih, Made Nita Cyntiani (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR DIGITAL PADA MATERI PRAKTIK MENGAJAR BERBASIS VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) MATA KULIAH PEMBELAJARAN PPKn SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031315-COVER.pdf

Download (235kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031315-ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031315-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031315-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031315-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031315-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031315-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031315-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031315-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar digital pada materi praktik mengajar berbasis VCT mata kuliah pembelajaran PPKn SD yang di dalamnya terdapat contoh praktik mengajar VCT pembelajaran PPKn dalam bentuk video yang dapat diakses secara online melalui link & QR. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE dengan menggunakan tahapan analyze, design, development dan evaluation. Pada penelitian ini tidak menggunakan tahapan keempat yaitu implementation dikarenakan keterbatasan waktu dan mata kuliah pembelajaran PPKn SD sudah berjalan setengahnya. Subjek dalam penelitian ini adalah para ahli dan praktisi, sedangkan objek penelitian adalah modul ajar digital pada materi praktik mengajar berbasis VCT. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan (1) modul digital pada materi praktik mengajar VCT mata kuliah pembelajaran PPKn SD memperoleh indeks validitas ahli materi sebesar 95,95% dengan kualifikasi sangat baik, (2) dari ahli media sebesar 96% dengan kualifikasi sangat baik, (3) dari ahli desain sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik. Adapun nilai rata-rata praktisi modul ajar digital pada materi praktik mengajar berbasis VCT mata kuliah pembelajaran PPKn SD yang diperoleh adalah 98,65% dengan kualifikasi sangat baik, nilai rata-rata dari uji perorangan adalah 95% dengan kualifikasi sangat baik, dan nilai rata-rata dari uji kelompok kecil sebesar 97,7% dengan kualifikasi sangat baik.. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul ajar digital pada materi praktik mengajar berbasis Value Clarification Technique (VCT) mata kuliah pembelajaran PPKn SD dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai pedoman mata kuliah pembelajaran PPKn SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul ajar digital, praktik, Value Clarification Technique (VCT)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Nita Cyntiani Ratnaningsih
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:35
Last Modified: 13 Jun 2023 07:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15222

Actions (login required)

View Item View Item