IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS 4C OLEH GURU BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 2 SEMARAPURA

Suastini, Ni Luh Putu (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS 4C OLEH GURU BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 2 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512061050-COVER.pdf

Download (838kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512061050-ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512061050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512061050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512061050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512061050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512061050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512061050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512061050-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis 4C dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis 4C di SMA Negeri 2 Semarapura. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang kelas X di SMA Negeri 2 Semarapura. Data dikumpulkan melalui metode observasi partisipasi pasif dan metode wawancara semi terstruktur yang berkaitan dengan implementasi pembelajaran berbasis 4C. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran berbasis 4C sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran critical thinking and problem solving, creativity and innovations, communication, and collaboration. Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan pembelajaran berbasis 4C yaitu pada kegiatan critical thinking and problem solving siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Solusi yang dilakukan guru yaitu guru tidak hanya menyampaikan materi melainkan juga lebih berperan aktif untuk merangsang keingintahuan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pembelajaran berbasis 4C, critical thinking and problem solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Suastini
Date Deposited: 27 Feb 2020 00:31
Last Modified: 27 Feb 2020 00:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item View Item