Alexsandro, Kris (2023) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 PENGLATAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021013-COVER.pdf Download (203kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021013-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (120kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (44kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021013-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan E-Book berbasis pendidikan karakter dalam mata pelajaran PPKn kelas IV SD Negeri 2 Penglatan Tahun Pelajaran 2022/2023, (2) untuk mengetahui validitas pengembangan E-Book berbasis pendidikan karakter dalam mata pelajaran PPKn kelas IV SD Negeri 2 Penglatan Tahun Pelajaran 2022/2023, dan (3) untuk menguji efektivitas penggunaan dari pengembangan E-Book berbasis pendidikan karakter dalam mata pelajaran PPKn kelas IV SD Negeri 2 Penglatan Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data Penelitian dikumpulkan menggunakan metode wawancara, metode observasi, metode kuesioner, metode tes dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif, statistika deskriptif, dan statistika inferensial. Hasil penelitian pengembangan meliputi; (1) rancang bangun E-Book berbasis pendidikan karakter dalam mata pelajaran PPKn yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli dan subjek uji coba produk menunjukan bahwa E-Book berbasis pendidikan karakter dalam mata pelajaran PPKn valid berdasarkan (a) hasil review ahli isi mata pelajaran dengan kualifikasi sangat baik (100%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96,87%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (98,33%), (e) dan hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (99,58%). (3) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung = 5,47 yang menunjukan thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikansi 5% adalah 2,22. Hal tersebut berarti thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan E-Book berbasis pendidikan karakter dalam mata pelajaran PPKn kelas IV SD Negeri 2 Penglatan Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-Book, PPKn, Pendidikan Karakter, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Kris Alexsandro |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 00:12 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 00:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15284 |
Actions (login required)
View Item |