Handayani, Ni Komang Tri (2023) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031139-COVER.pdf Download (636kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031139-ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031139-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (370kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031139-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031139-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (792kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031139-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031139-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031139-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031139-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana berbantuan Articulate Storyline yang telah diuji dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian ADDIE, adapun tahapannya terdiri dari: 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah media interaktif berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana berbantuan Articulate Storyline, sedangkan objek penelitian ini adalah keterterimaan (acceptability) dan efektivitas dari penggunaan media interaktif Articulate Storyline berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada empat ahli dan tes yang diberikan kepada siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus Gregory yang telah dimodifikasi untuk mengetahui keterterimaan media yang dikembangkan. Nilai yang diperoleh dari keempat ahli adalah 1,00 dengan kualifikasi keterterimaan produk sangat tinggi dan respon siswa sebesar 4,8. Hasil uji efektivitas memperoleh skor rata – rata nilai posttest kelompok kontrol adalah 78,23 dan rata – rata posttest kelompok eksperimen adalah 85,87. Dari hasil uji t diperoleh harga t hitung sebesar 4,630, yang berarti bahwa t hitung lebih besar daripada harga t tabel. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa media interaktif berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana berbantuan Articulate Storyline dinyatakan valid untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan secara signifikan telah mampu meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media interaktif, Articulate Storyline, kearifan lokal Tri Hita Karana, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Tri Handayani |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 02:57 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 02:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15295 |
Actions (login required)
View Item |