PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERORIENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA BALI KELAS III SD

Setiawati, Gusti Ayu Kade Yeni (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERORIENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA BALI KELAS III SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031257-COVER.pdf

Download (363kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031257-ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031257-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031257-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031257-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031257-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031257-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031257-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031257-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan prototype media kartu bergambar, (2) menganalisis validitas isi media kartu bergambar, (3) menganalisis kepraktisan menurut guru, siswa perorangan, dan siswa kelompok kecil terhadap media kartu bergambar, dan (4) menganalisis efektivitas media kartu bergambar terhadap hasil belajar pengetahuan Bahasa Bali siswa kelas III SD. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek penelitian pengembangan ini adalah media kartu bergambar, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media, kepraktisan, dan efektivitas media. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah studi dokumen, rating scale, dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar studi dokumen, lembar rating scale, tes objektif dan essay. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) media kartu dikembangkan menjadi 15 pasang kartu, dengan isian nilai-nilai karakter, basa alus, serta aksara Balinya, (2) media kartu bergambar yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,94 menurut ahli isi mata pelajaran dengan kualifikasi validitas isi sangat tinggi, indeks validitas sebesar 0,86 menurut ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi validitas isi sangat tinggi, indeks validitas sebesar 0,94 menurut ahli media pembelajaran dengan kualifikasi validitas isi sangat tinggi, (3) tingkat pencapaian kepraktisan terhadap media kartu bergambar menurut guru adalah sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik, tingkat pencapaian uji coba perorangan terhadap media kartu bergambar adalah sebesar 98,67%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 98,22% dengan kualifikasi sangat baik, dan (4) nilai signifikansi pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 22,50 atau p > 2,36 (taraf signifikansi 5%), sehingga media kartu bergambar efektif untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan Bahasa Bali siswa kelas III SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kartu Bergambar, Karakter, Hasil Belajar, Bahasa Bali
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Kade Yeni Setiawati
Date Deposited: 03 Jul 2023 00:42
Last Modified: 03 Jul 2023 00:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15320

Actions (login required)

View Item View Item