vidyastuti, Made Hapsari (2023) PENGARUH METODE PEMBIASAAN DAN METODE KETELADANAN ORANG TUA DI RUMAH TERHADAP KARAKTER DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS V DI SD GUGUS JENDERAL SUDIRMAN KECAMATAN DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031016-COVER.pdf Download (874kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031016-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (349kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (465kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031016-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode pembiasaan dan metode keteladanan orang tua di rumah terhadap karakter disiplin belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2022/2023 yaitu sebanyak 352 siswa. Anggota sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 186 siswa yang diperoleh melalui teknik proporsional random sampling. Data metode pembiasaan orang tua, data metode keteladanan orang tua, serta data karakter disiplin belajar siswa dikumpulkan dengan metode non tes yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada seluruh anggota sampel penelitian. Pengujian hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Adapun hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembiasaan orang tua terhadap karakter disiplin belajar siswa (Sig. 0,00 < 0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 5,20% yang menunjukkan bahwa pengaruh X1 terhadap Y sebesar 5,20%, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan metode keteladanan orang tua terhadap karakter disiplin belajar siswa (Sig. 0,00 < 0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 27,3% yang menunjukkan bahwa pengaruh X2 terhadap Y sebesar 27,30%, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembiasaan dan metode keteladanan orang tua terhadap karakter disiplin belajar siswa (Sig. 0,00 < 0,05) dengan nilai koefisien determinasi sebesar 32,50% yang menunjukkan bahwa X1 dan X2 berpengaruh secara simultan terhadap Y sebesar 32,50%. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembiasaan orang tua terhadap karakter disiplin belajar siswa, metode keteladanan orang tua terhadap karakter disiplin belajar siswa, serta metode pembiasaan dan metode keteladanan orang tua terhadap karakter disiplin belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Metode Pembiasaan, Metode Keteladanan, Karakter Disiplin Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Hapsari Vidyastuti |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:32 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15321 |
Actions (login required)
View Item |