Saputra, I Made (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN KUBU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031158-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031158-ABSTRAK.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031158-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031158-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031158-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031158-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031158-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031158-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (342kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031158-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan literasi sains antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model project based learing berbantuan video pembelajaran dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model konvensional pada siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Kubu tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan disain eksperimen semu (quasi experiment design) dengan bentuk post-test only control group design. Adapun populasi dari penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Kubu tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 183 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Dari hasil Random Sampling yang dilakukan diperoleh sampel yaitu kelas V SD Negeri 10 Tianyar yang berjumlah 18 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 1 Tianyar yang berjumlah 30 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Intrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes literasi sains berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis yang dilakukan menggunakan uji t diperoleh , pada taraf signivikansi 5% dengan dk = 46. Berdasarkan kreteria pengujian, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata dua kelompok atau kelas penelitian diperoleh rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata kelas kontrol yakni . Dari hasil rata-rata kelompok eksperimen den kelompok kontrol tersebut disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan model project based learning berbantuan video pembelajaran dapat berpengaruh secara signifikan terhadap literasi sains siswa kelas V yang dilakukan di SD Gugus III Kecamatan Kubu tahun pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | project based learning, video pembelajaran, literasi sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Saputra |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:35 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15322 |
Actions (login required)
View Item |