PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SD GUGUS II KECAMATAN RENDANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Prasanti, Ni Putu (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SD GUGUS II KECAMATAN RENDANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031069-COVER.pdf

Download (320kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031069-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031069-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031069-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031069-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilaksankan bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audiovisuak terhadap hasil belajar matematika kelas III di SD Gugus II Kecamatan Rendang Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Gugus II Kecamatan Rendang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III di SD N 1 Rendang yang berjumlah 31 orang sebagai kelompok kelas eksperimen dan siswa kelas III di SD N 2 Rendang yang berjumlah 29 orang sebagai kelompok kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar matematika, sedangkan kelas kontrol tidak ada model pembelajaran khusus yang diterapkan melainkan hanya menerapkan model pembelajaran konvensional. Data hasil belajar matematika dikumpulkan menggunakan instrumen tes yakni tes pilihan ganda. Selanjutnya, analisis data menggunakan deskripsi data dan uji prasyarat (Uji-t). Berdasarkan perhitungan Uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga mengartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu, nilai rerata kelas eksperimen sebesar 72, 42 lebih tinggi dibandingkan kelompok kelas kontrol yakni 49,75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan implementasi dari model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Gugus II Kecamatan Rendang Tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Inkuiri terbimbing, Media Audiovisual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Prasanti
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:37
Last Modified: 26 Jun 2023 01:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15326

Actions (login required)

View Item View Item