Prasanti, Ni Putu (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SD GUGUS II KECAMATAN RENDANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031069-COVER.pdf Download (320kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031069-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031069-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031069-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031069-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang dilaksankan bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audiovisuak terhadap hasil belajar matematika kelas III di SD Gugus II Kecamatan Rendang Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Gugus II Kecamatan Rendang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III di SD N 1 Rendang yang berjumlah 31 orang sebagai kelompok kelas eksperimen dan siswa kelas III di SD N 2 Rendang yang berjumlah 29 orang sebagai kelompok kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar matematika, sedangkan kelas kontrol tidak ada model pembelajaran khusus yang diterapkan melainkan hanya menerapkan model pembelajaran konvensional. Data hasil belajar matematika dikumpulkan menggunakan instrumen tes yakni tes pilihan ganda. Selanjutnya, analisis data menggunakan deskripsi data dan uji prasyarat (Uji-t). Berdasarkan perhitungan Uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga mengartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu, nilai rerata kelas eksperimen sebesar 72, 42 lebih tinggi dibandingkan kelompok kelas kontrol yakni 49,75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan implementasi dari model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Gugus II Kecamatan Rendang Tahun pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Inkuiri terbimbing, Media Audiovisual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Prasanti |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:37 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15326 |
Actions (login required)
View Item |