Nita, Ni Kadek Anisa Ayu (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN REGULASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IV DI GUGUS IV KECAMATAN SUKAWATI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031057-COVER.pdf Download (722kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031057-ABSTRAK.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (365kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031057-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031057-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (463kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031057-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan regulasi diri terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IV di SD Gugus IV Kecamatan Sukawati. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian expost facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 241 siswa, dengan sampel berjumlah 173 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes menggunakan kuesioner (angket). Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Pada pengujian hipotesis diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Pengujian hipotesis pertama diperoleh nilai Sig. sebesar 0,00 (0,00 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai sumbangan efektif sebesar 38,20% menunjukkan bahwa pengaruh X1 terhadap Y sebesar 38,20%. (2) Pengujian hipotesis kedua diperoleh nilai Sig. sebesar 0,00 (0,00 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai sumbangan efektif sebesar 11,40% menunjukkan bahwa pengaruh X2 terhadap Y sebesar 11,40%. (3) Pengujian hipotesis ketiga diperoleh nilai Sig. sebesar 0,00 (0,00 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai koefisien determinasi sebesar 49,60% menunjukkan bahwa X1 dan X2 berpengaruh secara simultan terhadap Y sebesar 49,60%. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) Variabel efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, (2) Variabel regulasi diri berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, (3) Variabel efikasi diri dan regulasi diri berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Efikasi Diri, Regulasi Diri, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Anisa Ayu Nita |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:49 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15335 |
Actions (login required)
View Item |