PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS OUTDOOR STUDY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERBAHASA INDONESIA PADA KELAS V SD DI GUGUS 1 DALUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Candin, Arnoldus David (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS OUTDOOR STUDY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERBAHASA INDONESIA PADA KELAS V SD DI GUGUS 1 DALUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031308-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031308-ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031308-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031308-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031308-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031308-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031308-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031308-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031308-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model PjBL berbasis Outdoor Study terhadap keterampilan menulis cerpen berbahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Gugus 1 Dalung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi eksperiment bentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh 418 orang siswa kelas V SDN Gugus 1 Dalung. Sampel dibentuk dengan Teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V B SD No. 6 dengan banyak siswa adalah 29 orang siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas V B SD No. 7 Dalung dengan banyak siswa adalah 31 orang siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes tulis langsung atau uraian, dengan jumlah soal 1 butir soal. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan teknik analisis statistik infrensia. Hasil analisis statistik diperoleh bahwa rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 74% tergolong kriteria sedang, rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 71% tergolong kriteria sedang. Rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 88% tergolong kriteria tinggi, dan rata-rata post-test kelas kontrol adalah 78% tergolong kriteria sedang. hasil analisis uji ANAKOVA keterampilan menulis cerpen berbahasa Indonesia yakni, Fhitung 42.746 dan Ftabel 4.02 dapat disimpulkan bahwa Fhitung > Ftabel, diketahuilah Fhitung > Ftabel (42.746 > 4.02) dengan α adalah 5% , dk pembilang adalah 1 dan dk penyebut adalah 52. Sehingga H0 ditolak. H1 diterima. Perbedaan yang ditimbulkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol disebabkan oleh penerapan model pembelajaran PjBL berbasis Outdoor Study yang digunakan pada pembelajaran di kelas eksperimen, dan tidak di kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PjBL berbasis Outdoor Study terhadap keterampilan menulis cerpen berbahasa Indonesia pada kelas V SD Negeri di Gugus 1 Dalung tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Keterampilan Menulis, PjBL, Outdoor Study
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Arnoldus David Candin
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:52
Last Modified: 26 Jun 2023 01:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15336

Actions (login required)

View Item View Item