Sugihartini, Putu (2023) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI IKLAN PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 2 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912011005-COVER.pdf Download (843kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912011005-ABSTRAK.pdf Download (25kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (514kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (818kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912011005-LAMPIRAN.pdf Download (667kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menceritakan kembali isi iklan dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan audio visual, peningkatan hasil belajar menceritakan kembali isi iklan dengan penerapan model Problem Based Learning berbantuan audio visual, dan respons peserta didik terhadap pembelajaran menceritakan kembali isi iklan setelah menerapkan model Problem Based Learning berbantuan audio visual pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Sawan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Sawan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menceritakan kembali isi iklan dengan model Problem Based Learning berbantuan audio visual dilakukan berdasarkan rancangan pembelajaran dengan terstruktur yaitu mulai dari pendahuluan, inti, dan penutup. (2) Peningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran menceritakan kembali isi iklan pada setiap siklus memiliki hasil yang berbeda. Siklus I menunjukkan hasil bahwa dari nilai refleksi awal sebesar 60 meningkat sebesar 14,1% menjadi 74,0 (cukup) dan peningkatan yang terjadi secara drastic pada siklus II sebesar 8,1% dengan ketuntasan nilai rata-rata siswa mencapai 82,1 (baik). (3) Respons peserta didik terhadap penerapan model Problem Based Learning berbantuan audio visual dalam pembelajaran menceritakan kembali isi iklan adalah positif. Hal ini dibuktikan dari peningkatan respons peserta didik pada siklus I memperoleh skor rata-rata sebesar 41,7 dengan kategori positif dan meningkat pada siklus II sebesar 7,3% dan memperoleh skor rata-rata sebesar 43,6 dengan kategori positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL, audio visual, menceritakan kembali isi iklan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Putu Sugihartini |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 06:20 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 06:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15337 |
Actions (login required)
View Item |