PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 1 SEBATU DAN SDN 2 SEBATU TAHUN AJARAN 2022/2023

Srimaharani, Ni Nyoman Christina (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 1 SEBATU DAN SDN 2 SEBATU TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031100-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031100-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031100-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031100-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031100-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031100-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031100-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031100-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031100-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry berbatuan media flash card terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SDN 1 Sebatu dan SDN 2 Sebatu Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancanagn nonequivalent control group design. Sampel yang diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 1 Sebatu dan sebagai kelas kelompok eksperimen dan kelas IV SD Negeri 2 Sebatu sebagai kelas kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPAS dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 6,357 > ttabel = 2,021 untuk signifikansi 5% dan dk = 46, jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPAS antara siswa yang dibelajarkan model pembelajaran inquiry berbantuan media flash card dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvesional. Adapun nilai rata-rata skor kompetensi pengetahuan IPAS pada kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry berbantuan media flash card adalah 85,04, sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvesional adalah 72,39. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry berbantuan media flash card berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SDN 1 Sebatu dan SDN 2 Sebatu tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: inquiry, flash card, kompetensi pengetahuan IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Christina Srimaharani
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:59
Last Modified: 26 Jun 2023 01:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15346

Actions (login required)

View Item View Item