PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KOMPETENSI BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GUGUS DEWI SARTIKA DESA PEMOGAN DENPASAR

Surya, I Ketut Ady Primantara (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KOMPETENSI BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GUGUS DEWI SARTIKA DESA PEMOGAN DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031170-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031170-ABSTRAK.pdf

Download (407kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031170-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (539kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031170-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031170-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031170-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031170-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031170-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031170-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Audiovisual terhadap kompetensi Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Sartika Desa Pemogan Denpasar tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 288 seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Sartika. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan sampel yang diperoleh yaitu siswa kelas V SD Negeri. 6 Pedungan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 28 orang dan siswa kelas V SD Negeri. 13 Pedungan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 27 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial UJI T. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 15,8 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 14,4 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 19,5 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post- test kelompok kontrol 16,5 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t di atas, diperoleh thitung adalah 5,641Sedangkan ttabel pada taraf sigbifikansi 5% dan dk = (28 + 27 – 2) = 53 adalah 4,02. Hal ini berarti thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Media Audiovisual terhadap kompetensi Bahasa Indonesia siswa kelas V Sd Gugus Dewi Sartika Desa Pemogan Denpasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Audiovisual, Kompetensi Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Ketut Ady Primantara Surya
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:22
Last Modified: 26 Jun 2023 02:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15353

Actions (login required)

View Item View Item