PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS III KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023

Pradnyawati, Ni Made Sintya (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS III KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031329-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031329-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031329-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (477kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031329-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031329-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031329-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031329-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031329-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031329-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas V SD Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 436 seluruh siswa kelas V SD Gugus III Kuta Utara. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Kerobokan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan siswa kelas V SD Negeri 3 Kerobokan Kaja sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianaisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji Anakova (Analisis Kovarian). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 16,900 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 16,468 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 22,200 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 20,250 yang berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji anakova diperoleh F-hitung = 5,94 dan F-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 59 adalah 4,004. Hal ini menunjukkan bahwa F-hitung lebih besar daripada F-tabel (5,94 > 4,004) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Talking Stick berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas V SD Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Audio Visual, Kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Sintya Pradnyawati
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:29
Last Modified: 26 Jun 2023 02:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15356

Actions (login required)

View Item View Item