Wahini, Ni Made Prema (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS III KECAMATAN SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031299-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031299-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031299-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (408kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031299-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031299-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031299-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031299-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031299-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (347kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031299-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V pada SDN Gugus III Kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini ialah quasi experiment dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Gugus III Kecamatan Sukawati yang berjumlah 190 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Batuan Kaler sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan siswa kelas V SD Negeri Hindu 4 Batuan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 36 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes objektif bentuk pilihan ganda yang terdiri atas 25 butir soal dengan empat pilihan jawaban. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh rata-rata kelompok eksperimen 18,80 dengan kategori sedang, sedangkan rata-rata kelompok kontrol 15,33 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis uji-t, diperoleh t-hitung = 4,81 > t-tabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 65 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Project Based Learning terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus III Kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi pengetahuan IPA, Project Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Prema Wahini |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 02:31 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 02:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15357 |
Actions (login required)
View Item |