PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS III KECAMATAN SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Wahini, Ni Made Prema (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS III KECAMATAN SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031299-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031299-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031299-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (408kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031299-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031299-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031299-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031299-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031299-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031299-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V pada SDN Gugus III Kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini ialah quasi experiment dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Gugus III Kecamatan Sukawati yang berjumlah 190 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Batuan Kaler sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan siswa kelas V SD Negeri Hindu 4 Batuan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 36 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes objektif bentuk pilihan ganda yang terdiri atas 25 butir soal dengan empat pilihan jawaban. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh rata-rata kelompok eksperimen 18,80 dengan kategori sedang, sedangkan rata-rata kelompok kontrol 15,33 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis uji-t, diperoleh t-hitung = 4,81 > t-tabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 65 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Project Based Learning terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus III Kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pengetahuan IPA, Project Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Prema Wahini
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:31
Last Modified: 26 Jun 2023 02:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15357

Actions (login required)

View Item View Item