PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VII UBUD

Prasetya, I Wayan Swadika (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VII UBUD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031330-COVER.pdf

Download (368kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031330-ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031330-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031330-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031330-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031330-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031330-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031330-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (690kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031330-LAMPIRAN.pdf

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan Media Wordwall terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus VII Ubud. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu (Quasi-Eksperimental Design) dengan rancangan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah 118 siswa dari 5 sekolah yang berbeda. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava, untuk penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Dengan hasil SD Negeri 5 Sayan sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 2 Sayan sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan jenis tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda biasa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji-t Polled Varians. Hasil analisis hipotesis diperoleh bahwa thitung = 10,242 > ttabel = 2,014 pada taraf signifikansi 5%. Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika siswa yang diberikan perlakuan Kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan Media Wordwall dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan Kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan Media Wordwall. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan Media Wordwall berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus VII Ubud.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament, Wordwall, Kompetensi pengetahuan Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Wayan Swadika Prasetya
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:14
Last Modified: 27 Jun 2023 02:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15369

Actions (login required)

View Item View Item