Dewi, Luh Putu Candri (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CATUR PRAMANA PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041019-COVER.pdf Download (198kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041019-ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (122kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041019-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Literasi Sains merupakan kegiatan yang gencar digaungkan dalam dunia pendidikan pada abad 21. Pada abad 21 perkembangan literasi Sains diikuti dengan kecanggihan teknologi, dimana siswa dapat melakukan kegiatan literasi. Agar siswa optimal dalam belajar maka difasilitasi berbagai jenis gaya belajar dan mengintegrasikan karakter berbasis kearifan lokal Bali Catur Pramana. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis validitas E- Modul Berbasis Catur Pramana Pada Pembelajaran IPA, (2) menganalisis kepraktisan E- Modul Berbasis Catur Pramana Pada Pembelajaran IPA dan (3) menganalisis efektivitas E- Modul Berbasis Catur Pramana Pada Pembelajaran IPA. Subjek penelitian adalah ahli media, ahli materi, ahli bahasa. Subjek uji coba 30 orang siswa. Metode pengumpulan data kuesioner dan kepraktisan serta tes hasil belajar untuk efektivitas. Instrumen pengumpulan data pada kuesioner terdiri dari; instrumen ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan instrumen hasil belajar berupa tes pilihan ganda. Data dianalisis secara dekriptif kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan berupa E-Modul berbasis Catur Pramana dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini memiliki level validitas, pada level (1) validitas E- Modul Berbasis Catur Pramana Pada Pembelajaran IPA yaitu memperoleh hasil validitas melalui ahli materi 98,59% sangat valid, validitas ahli media 95,63% sangat valid, validitas ahli bahasa 94,28% sangat valid. (2) Kepraktisan validitas E- Modul Berbasis Catur Pramana Pada Pembelajaran IPA yaitu memperoleh hasil oleh praktisi guru yaitu sebesar 100% sedangkan persentase hasil uji coba kelompok kecil oleh siswa yaitu sebesar 95,55% dan (3) Efektivitas E- Modul Berbasis Catur Pramana Pada Pembelajaran IPA menunjukkan bahwa hasil belajar IPA Siswa meningkat dengan skor rata-rata sebelum menggunakan E-Modul yakni 70,00 dan sesudah menggunakan E-Modul adalah 89,60.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Catur Pramana, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | LUH PUTU CANDRI DEWI |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 04:55 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15372 |
Actions (login required)
View Item |