Indriyani, Ni Luh Putu (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW BERBANTUAN MEDIA TEKS CERITA RAKYAT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SEMARAPURA TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031195-COVER.pdf Download (684kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031195-ABSTRAK.pdf Download (508kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031195-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (382kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031195-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031195-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031195-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031195-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031195-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (488kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031195-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) berbantuan media teks cerita rakyat terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 1 Semarapura Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalen Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Semarapura Tengah yang berjumlah 99 siswa tersebar menjadi 3 kelas. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 1 Semarapura Tengah sebanyak 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VA SD Negeri 1 Semarapura Tengah sebanyak 34 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t (polled varians). Dari hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung = 4.69 pada taraf signifikansi 5% dengan dk 64 memperoleh ttabel = 1.998 sehingga thitung = 4.69 > ttabel = 1.998, dengan demikian H0 ditolak. Adapun nilai rata-rata dari kedua kelas yaitu kelas eksperimen X ̅ 78.00 > X ̅ 57.88 untuk kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran survey, question, read, reflect, recite, review (SQ4R) berbantuan media teks cerita rakyat terhadap hasil keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 1 Semarapura Tengah tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: membaca pemahaman, SQ4R |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Indriyani |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 00:57 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 00:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15403 |
Actions (login required)
View Item |