Pradnya, Kadek Cindy Anggastya (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SEBAGAI PENDUKUNG GLS SD NEGERI 9 PEDUNGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031229-COVER.pdf Download (793kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031229-ABSTRAK.pdf Download (477kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031229-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (461kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031229-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031229-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031229-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031229-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031229-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (465kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031229-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV sebagai pendukung GLS SD Negeri 9 pedungan. Jenis penelitain ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalen Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 9 Pedungan yang berjumlah 82 siswa tersebar menjadi 3 kelas. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV-B SD Negeri 9 Pedungan dengan jumlah 27 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV-C SD Negeri 9 Pedungan dengan jumlah 27 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes keterampilan menulis narasi dengan menggunakan rubrik penilaian. Data posttest hasil keterampilan menulis narasi siswa dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan menggunakan rumus polled varians. Dari hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh t_hitung = 3,787 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 52 diperoleh t_tabel = 2,006. Sehingga t_hitung = 3,787 > t_tabel = 2,006. Dengan demikian, hipotesis nol (H_o) ditolak. Adapun nilai rata-rata pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu X ̅= 82,685 > X ̅= 74,574. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran picture and picture berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV sebagai pendukung GLS SD Negeri 9 Pedungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: menulis narasi, picture and picture |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Cindy Anggastya Pradnya |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 01:00 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 01:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15404 |
Actions (login required)
View Item |