Diputra, I Wayan Yoga (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUBAK TIMBUL MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KENAMPAKAN BUATAN PADA MUATAN IPS KELAS V SD NEGERI 3 GADUNGAN TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031073-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031073-ABSTRAK.pdf Download (326kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031073-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (242kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031073-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031073-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031073-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031073-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031073-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (459kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031073-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal Subak Timbul materi kenampakan alam dan kenampakan pada muatan IPS Kelas V SD Negeri 3 Gadungan, (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal Subak Timbul materi kenampakan alam dan kenampakan pada muatan IPS Kelas V SD Negeri 3 Gadungan, (3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal Subak Timbul materi kenampakan alam dan kenampakan pada muatan IPS Kelas V SD Negeri 3 Gadungan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode tes berupa tes hasil belajar dan metode nontes berupa angket/kuesioner dan wawancara tak terstruktur. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun multimedia interaktif berdasarkan hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 90,91% yang dikualifikasikan sangat baik, (2) multimedia interaktif dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian ahli isi pembelajaran sebesar 92,19% yang dikualifikasikan sangat baik, penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 90% yang dikualifikasikan sangat baik, penilaian ahli media pembelajaran sebesar 90,91% yang dikualifikasikan sangat baik, uji coba perorangan sebesar 89,88% yang dikualifikasikan baik, uji coba kelompok kecil sebesar 93,85% yang dikualifikasikan sangat baik, dan uji coba lapangan sebesar 92,19 yang dikualifikasikan sangat baik, (3) berdasarkan uji t sample dependent diperoleh nilai thitung = 7,514 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = n – 1 = 16 – 1 = 15 diperoleh nilai ttabel = 2,131. Hasil tersebut menunjukkan thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis kearifan lokal Subak Timbul materi kenampakan alam dan kenampakan buatan efektif diterapkan pada peserta didik kelas V SD Negeri 3 Gadungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pengembangan, multimedia interaktif, kearifan lokal, Subak Timbul. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Yoga Diputra |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 01:04 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 01:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15405 |
Actions (login required)
View Item |