PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IPA KELAS V SD GUGUS V TABANAN

Asih, Luh Putu Adi Merta (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IPA KELAS V SD GUGUS V TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031048-COVER.pdf

Download (790kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031048-ABSTRAK.pdf

Download (453kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (476kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031048-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031048-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031048-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi IPA kelas V SD Gugus V Kecamatan Tabanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus V Tabanan Kecamatan Tabanan yang berjumlah 160 siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 52 siswa yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas V SD Negeri 3 Delod Peken sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan kelas VB SD Negeri 6 Delod Peken yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes uraian (essay) yang terdiri dari 9 butir soal yang sudah divalidasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus separated varians. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh harga thitung = 3,825 > ttabel = 2,009 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dan db = 50, maka H0 ditolak. Dengan demikian membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi IPA yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind mapping dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL di kelas V SD Gugus V Tabanan Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Problem Based Learning, mind mapping, berpikir kritis, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Putu Adi Merta Asih
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:09
Last Modified: 03 Jul 2023 01:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15408

Actions (login required)

View Item View Item