Asih, Luh Putu Adi Merta (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IPA KELAS V SD GUGUS V TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031048-COVER.pdf Download (790kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031048-ABSTRAK.pdf Download (453kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (476kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031048-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031048-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031048-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi IPA kelas V SD Gugus V Kecamatan Tabanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus V Tabanan Kecamatan Tabanan yang berjumlah 160 siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 52 siswa yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas V SD Negeri 3 Delod Peken sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan kelas VB SD Negeri 6 Delod Peken yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes uraian (essay) yang terdiri dari 9 butir soal yang sudah divalidasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus separated varians. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh harga thitung = 3,825 > ttabel = 2,009 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dan db = 50, maka H0 ditolak. Dengan demikian membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi IPA yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind mapping dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL di kelas V SD Gugus V Tabanan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Problem Based Learning, mind mapping, berpikir kritis, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Adi Merta Asih |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 01:09 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 01:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15408 |
Actions (login required)
View Item |