PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS VI BLAHBATUH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Upayanti, Ketut (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS VI BLAHBATUH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031004-COVER.pdf

Download (777kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031004-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031004-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan media benda konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri Gugus VI Blahabtuh tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control grup design. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas IV SD Gugus VI Blahbatuh dengan total 125 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri 4 Keramas sebagai kelompok eksperimen dengan banyak siswa 30 orang dan kelas IV SD Negeri 5 Keramas sebagai kelompok control dengan banyak siswa 24 orang. Metode pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPAS menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban sebanyak 30 butir soal. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan teknik analisis statistic inferensial Uji Anakova (Analisis Kovarian). hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 13,97 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test kelompok kontrol 14,29 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 22,30 yang berada pada kategori sedang, dan rata-rata post-test kelompok kontrol 18,17 yang berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis uji Anakova diperoleh F-hitung = 42,222 dan F-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 51 adalah 4,030. Hasil tersebut menunjukan bahwa F-hitung lebih dari F-tabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan media benda konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas IV SD Gugus VI Blahbatuh Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kompetensi pengetahuan IPAS, model pembelajaran Guided Inquiry, benda konkret
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ketut Upayanti
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:14
Last Modified: 03 Jul 2023 01:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15410

Actions (login required)

View Item View Item