PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PERMAINAN EDUKATIF LEMPAR DADU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI MATEMATIKA SISWA DI KELAS II SD GUGUS IV SUKAWATI

Mahadewi, Anak Agung Istri Feby (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PERMAINAN EDUKATIF LEMPAR DADU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI MATEMATIKA SISWA DI KELAS II SD GUGUS IV SUKAWATI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031050-COVER.pdf

Download (989kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031050-ABSTRAK.pdf

Download (356kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (359kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031050-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif melalui permainan edukatif lempar dadu terhadap hasil belajar materi matematika siswa kelas II SD di Gugus IV Sukawati Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas II SD Negeri Gugus IV Sukawati terdiri dari 7 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 217 siswa dari 7 Sekolah Dasar. Sampel penelitian ini berjumlah 80 siswa yaitu 40 siswa kelas II SD Negeri 3 Batubulan Kangin yang menjadi kelompok eksperimen dan 40 siswa kelas II SD Negeri 1 Batubulan Kangin yang menjadi kelompok kontrol. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes berupa instrumen tes pilihan ganda biasa. Data posttest hasil belajar materi matematika dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan rumus separated varians. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 4.36 dan ttabel = 1.991 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 78, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar materi matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif melalui permainan edukatif lempar dadu dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif melalui permainan edukatif lempar dadu atau dibelajarkan secara konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif melalui permainan edukatif lempar dadu berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar materi matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kooperatif, Permainan Edukatif Lempar Dadu, Hasil Belajar Materi Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Anak Agung Istri Feby Mahadewi
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:28
Last Modified: 03 Jul 2023 01:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15421

Actions (login required)

View Item View Item