Arisunita, Ni Made Diah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI KELAPA BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK PENGUATAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031089-COVER.pdf Download (787kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031089-ABSTRAK.pdf Download (554kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031089-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (673kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031089-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031089-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (836kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031089-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031089-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031089-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (541kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031089-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Studi ini dilaterbelakangi oleh menurunnya nilai karakter Pancasila siswa di sekolah dasar, serta kurang optimalnya pemanfaatan budaya lokal Indonesia dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran aplikasi Kelapa berbasis budaya lokal untuk penguatan karakter profil pelajar Pancasila pada siswa kelas IV SD yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang tahapannya terdiri dari 1) analyze, 2) design 3) development, 4) implementation, 5) evaluation, akan tetapi karena keterbatasan waktu, biaya, serta situasi dan kondisi, maka penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap development. Studi ini menggambil subjek penelitan media pembelajaran aplikasi Kelapa berbasis budaya lokal untuk penguatan karakter profil pelajar Pancasila pada siswa kelas IV SD, sedangkan objeknya adalah validitas dan kepraktisan media. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner dalam pengumpulan data dengan instrumen lembar kuesioner tetutup dengan skala likert. Hasil uji validasi isi materi pelajaran memperoleh persentase 98,33% dengan kualifikasi sangat baik. Validasi isi desain pembelajaran memperoleh skor 98,75% dengan kualifikasi sangat baik, serta validasi isi media pembelajaran memperoleh skor 95% dengan kualifikasi sangat baik. Adapun tingkat pencapaian kepraktisan media berdasarkan respon praktisi sebesar 99% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji kepraktisan media oleh siswa dalam uji perorangan memperoleh persentase 100% dengan kategori sangat praktis, sedangkan hasil uji kepraktisan media oleh siswa dalam uji kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 98,33% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validitas dan uji kepraktisan tersebut media pembelajaran aplikasi berbasis budaya lokal layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi, Media Pembelajaran, Karakter, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Diah Ariusnita |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 02:51 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 02:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15428 |
Actions (login required)
View Item |