PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS VI KECAMATAN SUKAWATI TAHUN AJARAN 2022/2023

Dewi, Ni Nyoman Prashanti Kusuma (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS VI KECAMATAN SUKAWATI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031078-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031078-ABSTRAK.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031078-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031078-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031078-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031078-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Connecting, Organizing,Reflecting,Extending berbantuan mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Negeri Gugus VI Kecamatan Sukawati tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri di Gugus VI Kecamatan Sukawati yang jumlah siswanya 297 orang. Sampel penelitian ini yaitu kelas V di SD Negeri 5 Batubulan yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V SD Negeri 2 Batubulan yang berjumlah 42 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan instrument tes objektif kompetensi pengetahuan IPA. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik inferensial uji – t. Berdasarkan perhitungan uji – t diperoleh thitung = 7,097 > ttabel = 1,991 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan siswa yang dibelajarkan dengan model CORE berbantuan mind mapping dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan CORE berbantuan mind mapping. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE berbantuan Mind Mapping berpengaruh terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SD Negeri Gugus VI Kecamatan Sukawati Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Connecting, Organizing,Reflecting,Extending, Mind Mapping Kompetensi Pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Prashanti Kusuma Dewi
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:53
Last Modified: 03 Jul 2023 02:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15489

Actions (login required)

View Item View Item