Wijaya, Deva Ananta (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPS SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031176-COVER.pdf Download (285kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031176-ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031176-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031176-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031176-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031176-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031176-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031176-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031176-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan : (1) menghasilkan prototype bahan ajar digital, (2) menganalisis validitas bahan ajar digital, dan (3) menganalisis kepraktisan bahan ajar digital. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar digital, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi bahan ajar dan kepraktisan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket/kuisioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah rating scale. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) bahan ajar digital yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,96 menurut ahli materi pembelajaran dengan kualifikasi validitas isi sangat tinggi, indeks validitas sebesar 0,94 menurut ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi validitas isi sangat tinggi, indeks validitas sebesar 0,96 menurut ahli media pembelajaran dengan kualifikasi validitas isi sangat tinggi, (2) tingkat pencapaian kepraktisan menurut dosen terhadap bahan ajar digital adalah sebesar 98,5% dengan kualifikasi sangat baik, tingkat pencapaian kepraktisan menurut uji perorangan terhadap bahan ajar digital adalah sebesar 96,67% dengan kualifikasi sangat baik, dan tingkat pencapaian kepraktisan menurut uji kelompok kecil terhadap bahan ajar digital adalah sebesar 96,11% dengan kualifikasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar digital, pembelajaran IPS SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Deva Ananta Wijaya |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 00:26 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 00:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15518 |
Actions (login required)
View Item |